Rabu, 19 Mei 2010

Pijit Refleksi Yok!!!!


Coba anda berjalan di hamparan pasir di pantai. Tentu rasanya sangat menyenangkan bukan disaat butir-butir pasir yang anda injak di telapak kaki anda. Secara tidak langsung, perasaan nyaman yang anda rasakan adalah salah satu bentuk pijat refleksi secara alami di kaki anda saat anda menginjak butiran pasir. Akan tetapi, butiran pasir yang halus hanya bisa 'memijat' syaraf kaki anda bagian luar saja. Tidak mengenai di bagian dalam syarafkaki anda yang dimana syaraf-syaraf itu terhubung dengan hampir seluruh syaraf ditubuh anda.

Setiap organ tubuh memiliki keterhubungan dengan titik-titik syaraf yang terdapat pada telapak kaki. Organ jantung, paru-paru, lambung, dan hati memiliki titik-titik syaraf tersendiri pada telapak kaki. Begitu pula dengan bagian-bagian tubuh lainnya. Terdapat 36 titik syaraf telapak kaki yang masing-masing menghubungkan anggota-anggota tubuh tertentu.

Ada beberapa alternatif yang bisa anda lakukan dalam mendapatkan relaksasi dari pijat refleksi kaki ini

1. Menggunakan media batu.
Tentu saja bentuk batunya harus khusus yaitu batu kecil berbentuk seperti kelereng atau berbentuk lonjong. Tekanan batu pada telapak kaki memberikan rangsangan bioelektrik pada organ tubuh yang berhubungan dengan titik syaraf telapak kaki. Rangsangan bioelektrik memperlancar aliran darah sehingga tubuh menjadi segar.

Anda bisa membuat pijat refleksi yang sederhana dg menggunakan media batu ini. Yaitu dengan cara berjalan diatas batu-batu tersebut sehingga titik syaraf dikaki anda bisa ditekan dan 'dipijit' dg sempurna oleh batu-batu tersebut. yang kedua, menekan-nekankan satu batu tersebut ke telapak kaki anda.

Pijat refleksi dengan media batu ini mungkin terasa sedikit ngilu daripada media pasir. Karena dengan batu, lebih bisa menekan syaraf di kaki anda. Jika organ tubuh anda dalam keadaan sehat atau prima, mungkin ketika anda berjalan diatas hamparan batu-batu ini tidak akan begitu terasa ngilu atau sakit. Tetapi jika terasa sakit atau ngilu, maka ada salah satu organ tubuh anda yang sedang dalam keadaan tidak sehat.

2.Sendal kesehatan
Sendal kesehatan terapi ini sudah banyak dijual dipasaran. Harganyapun bervariasi, mulai dari yang paling murah sampai paling mahal. Bentuk sendal ini mempunyai permukaan yang tidak datar seperti sendal pada umumnya. Tapi terdapat benjolan-benjolan bulat kecil di permukaannya yang dimana benjolan-benjolan bulat ini akan ''memijat' telapak kaki anda saat anda menginjaknya.

3. Menggunakan tenaga ahli profesional
Jika anda punya sedikit uang lebih. Kenapa anda tidak melakukan pijat refleksi kaki di tempat khusus pijat refleksi kaki atau di salon-salon yang menyediakan jasa pijat refleksi kaki ini. Carilah pemijat refleksi yang benar-benar memahami titik-titik syaraf di kaki. Selain pemahaman terhadap simpul-simpul syaraf pada telapak kaki, keberhasilan terapi pijat refleksi kaki juga ditentukan oleh teknik pemijatan. Ada berbagai macam cara memijat titik-titik syaraf telapak kaki. Penekanan bisa dilakukan dengan membengkokkan jari tengah dan telunjuk, sementara jari lainnya mengepal keras. Pada teknik ini, titik penekanan terdapat pada jari tengah dan sendi tengah jari telunjuk.

Manfaat pijat refleksi
1. Membantu melancarkan peredaran darah di tubuh
2.menambah energi karena secara mekanistis memiliki kemampuan melatih saraf dan otot tubuh sehingga tubuh lebih fit dan mampu menangkal penyakit
3. Merupakan salah satu dari pengobatan alternatif yang sudah teruji keberhasilannya. Mulai dari penyakit ringan seperti pusing, insomnia, pegal-pegal, dan perut mulas hingga penyakit berat seperti jantung dan kanker
4. Meredakan stress dan memberikan perasaan rileks dan nyaman
5.meningkatkan fungsi sistem kekebalan tubuh
6. Membantu tubuh membuang toksin lebih cepat

Namun, bagi orang yang baru pertama kali melakukan pijat, biasanya akan merasakan efek sampingnya, seperti munculnya lebam berwarna kebiruan di kaki serta rasa sakit (kemeng) di bagian bekas pijatan. Bahkan pada beberapa orang akan mengalami demam esok harinya setelah menjalani pijat refleksi.

Akan tetapi efek itu tak perlu dirisaukan, pasalnya kondisi tersebut tidak berlangsung lama dan jarang sekali terjadi. Bisa jadi hal itu hanyalah akibat dari belum terbiasanya melakukan pijatan. Jika sudah terbiasa, maka tubuh anda akan terasa lebih segar dan sehat dari sebelumnya.

Namun, manfaat refleksi tidak akan didapatkan dengan hanya melakukan pijatan sekali saja, melainkan harus secara rutin dan berkala. Oleh karena itu, dianjurkan bagi peminat refleksi, agar melakukan pijat ini minimal tiga kali dalam satu bulan.

18 komentar:

  1. dulu sering refleksi skrng udah nggak badannya jadi nggak enak. refleksi buat ketagihan

    BalasHapus
  2. untungnya di deket rumah ada lapangan yang disekelilingnya didesign buatpejalan kaki, adasusunan batu2 buat pijat refleksi. salam kenal

    BalasHapus
  3. refleksi secara tradisional yg sering aku lakukan..tapi pegel juga tuh kaki..mksh info nya,

    BalasHapus
  4. sering sering mampir ke blog ini aah, biar sehat terus..

    ^_______^

    happy blogging

    BalasHapus
  5. nice tips :)
    untung deket rumah ada rel kereta, cepet buat bunuh diri .. halah.. buat pijat refleksi maksudnya :D

    BalasHapus
  6. ane juga pengen pijat tapi......gmna gtu ^^

    BalasHapus
  7. info baru..
    makasih ats infonya..

    BalasHapus
  8. makasih neg bt infonya..

    bermanfaat bngts......

    BalasHapus
  9. kalau pakai laat gimana mas???
    aku punya laat pijat refleksi
    pakai infra merah
    bahaya buat kesehatan gak yah??
    mohon bimbinganya

    BalasHapus
  10. ko blm ada yg mw mijit ane ya.. wkwkwkwk...

    BalasHapus
  11. ayooo posting artikel lagiiii,

    sedikit info

    "kendala seorang mahasiswa semester akhir dalam penyusunan skripsi adalah tentang gaya/bahasa penulisan mereka, ini disebabkan karena sedari kecil mereka tidak dibiasakan/dididik untuk menulis"

    perkataan dari salahsatu dosen saya yang kritis,..hihihi

    salam kenal akh

    BalasHapus
  12. @ketawa bersama Oby>>> sejauh yg saya tau,
    Infra red yg terdapat di alat therapy berbeda frekuensinya dg infra red di HP. infra red yang terdapat di mesin refleksi InsyaAllah tidak berbahaya. Malah dg alat infra red tsb (yg dimana sudah disesuaikan utk kebutuhan tubuh) dapat menjangkau peredaran darah didalam tubuh di dan membuat darah dapat mengalir lebih lancar. selain infra red, ada juga digunakan media magnet untuk membantu memperlancar aliran darah. dan spt infra red, magnet di alat terapi, tentu berbeda gelombangnya dg magnet yg ada di benda elektornik lainnya spt HP.

    BalasHapus
  13. Stainless steel - Titanium Gold - TITADO Games
    Titanium Gold. 출장샵 T-Shirts. titanium cross necklace Gold Metal. T-Shirt. T-Shirt. titanium easy flux 125 T-Shirt. T-Shirt. T-Shirt. T-Shirt. T-Shirt. titanium money clip T-Shirt. T-Shirt. T-Shirt. T-Shirt. T-Shirt. columbia titanium boots T-Shirt. T-Shirt. T-Shirt. T-Shirt.

    BalasHapus