Minggu, 23 Mei 2010

Beberapa Manfaat yoga

SEJAK lama, yoga telah dikenal sebagai metode alternatif penyembuhan (termasuk kanker) dan penyeimbangan. Kini, banyak tempat kebugaran yang menjadikan Yoga sebagai salah satu kelas untuk menarik anggota lebih banyak, Olahraga yang berasal dari India ini makin digandrungi pencinta olahtubuh. Tak hanya orang dewasa, kini yoga juga bermanfaat bagi anak-anak.

Manfaat latihan yoga secara rutin disinyalir dapat membuat tubuh senantiasa fit. Selain itu, juga untuk menguatkan struktur tulang dan otot serta melatih konsentrasi. Yoga merupakan olahraga yang sangat baik untuk memberikan ketangkasan dan kegesitan bagi anak-anak. Dengan yoga, anak-anak juga bisa menemukan energi dan keseimbangan dalam hidup.

Yoga ditujukan untuk generasi muda, mulai bayi hingga remaja. Pada masa pertumbahan anak, yoga dapat memberikan metode yang sangat diperlukan untuk menangani kesulitan mereka dalam kehidupan yang supersibuk ini.

Lewat yoga, postur tubuh terbentuk dengan baik. Pasalnya, memasuki usia remaja, kecenderungan untuk berdiri ataupun duduk dengan posisi membungkuk banyak terjadi pada remaja. Yoga dapat menyeimbangkan dampak ledakan pertumbuhan-berkaitan dengan postur tubuh-yang memungkinkan anak-anak untuk meregangkan tubuh. Bahkan ketegangan tubuh anak-anak, akibat dampak pemakaian ransel berat sehari-hari, dan keletihan duduk di meja yang dihabiskan saat jam sekolah, bisa diatasi dengan yoga juga dapat meningkatkan kemampuan konsentrasi.

Inilah beberapa alasan mengapa Anda perlu mencoba yoga :

1. Mengusir stres
Jika penyakit Anda disebabkan oleh stres, yoga adalah cara terbaik untuk menyembuhkannya. Yoga memberikan rileksasi, latihan postur, napas, dan meditasi yang efektif untuk mengurangi kadar ketegangan dan kecemasan. Yoga juga meningkatkan sistem kekebalan tubuh yang sering tertekan oleh stres dan kecemasan.


2. Mempercepat proses penyembuhan
Di kala sakit, yoga mempercepat proses penyembuhan. Riset membuktikan, yoga efektif menyembuhkan tekanan darah tinggi, diabetes tipe 2, asma, gangguan tidur, sakit kepala kronis, dan nyeri punggung. Yoga juga memperbaiki fungsi jantung, pencernaan dan penglihatan, serta membantu mengontrol rasa nyeri.


3. Menumbuhkan kepribadian
Tubuh kita adalah instrumen musik yang indah, tetapi perlu dimainkan dengan benar sehingga menghasilkan nada yang indah pula. Yoga adalah panduan aman eksplorasi pencarian nada yang indah itu karena yoga mengusir konsepsi yang salah soal diri Anda. Anda juga akan menemukan makna baru tentang hidup yang sebenarnya sederhana dan bahagia.


4. Komprehensif dan integratif
Yoga adalah gaya hidup yang secara integratif mencakup semua aspek dalam hidup, yaitu teknik untuk kesehatan optimal fisik dan mental, membantu menghadapi tantangan kehidupan modern, serta mengubah kehidupan seksual. Yoga juga akan membuat Anda merasa nyaman dengan tubuh sendiri, menambah rasa percaya diri, dan mendongkrak kemampuan konsentrasi dan memori. Di samping itu, yoga membebaskan hidup dari ketakutan dan emosi serta pikiran negatif.


5. Harmonisasi kehidupan sosial
Yoga membangun kesabaran, toleransi, cinta kasih, dan pengampunan sehingga memperbaiki hubungan dengan keluarga, teman, rekan kerja, dan lain-lain.


6. Meningkatkan kemampuan panca indra
Yoga menjadikan Anda lebih sensitif terhadap ritme tubuh, meningkatkan kemampuan panca indra, bahkan indra keenam.


7. Dapat dipadu dengan olahraga lain
Misalnya aerobik dan angkat beban. Yoga juga meningkatkan kinerja Anda secara keseluruhan.


8. Mudah dan nyaman
Yoga dapat dipraktikkan di rumah atau di mana saja tanpa harus kelelahan dan keringatan seperti di pusat kebugaran. Para pemula disarankan untuk berlatih dengan guru yoga terlebih dahulu

9. Lebih feksibel
Manfaat ini yang paling langsung terasa. Mungkin di awal latihan Anda belum mampu menyentuh ibu jari kaki saat melakukan gerakan backbend. Namun, jika terus berlatih, tubuh secara perlahan mulai terasa lebih fleksibel dan Anda akhirnya bisa menyentuh jempol kaki. Anda juga bakal mendapati nyeri dan pegal-pegal hilang.

10. Lebih kuat
Otot yang kuat bikin Anda terlihat lebih menarik. Otot juga menjaga tubuh kita dari penyakit seperti artritis dan nyeri punggung serta mudah terjatuh pada lansia. Membangun kekuatan lewat yoga, Anda menyeimbangkannya dengan fleksibilitas.

11. Memperbaiki postur
Tahukah Anda, kepala kita seperti bola boling yang besar dan berat? Butuh keseimbangan bagi tulang punggung dan otot-otot punggung untuk menyangganya. Bukan mustahil jika Anda merasa kelelahan. Masalahnya ada pada postur yang buruk. Yoga bisa memperbaiki postur dan mencegah nyeri, kelelahan, dan juga artritis gara-gara postur yang buruk.

12. Melindungi persendian dari rematik dan artritis
Setiap kali beryoga, Anda melatih persendian bergerak dalam jangkauan penuh. Ini berarti Anda mencegah penyakit artritis degeneratif dengan “memeras dan merendam” daerah kartilage yang jarang digunakan. Kartilage seperti spons yang menyerap nutrisi hanya ketika cairan dikeluarkan. Tanpa latthan, jaringan itu akan lapuk dan meninggalkan tulang tanpa bantalan.

13. Melindungi tulang punggung
Ruas-ruas tulang belakang sebagai peredam kejut antartulang belakang juga butuh dilatih. Jika rajin berlatih backbend, forward bend, dan twist, Anda menjaga ruas-ruas tulang belakang jadi lebih fleksibel.

14. Mencegah osteoporosis
Sudah banyak penelitian membuktikan bahwa latihan beban memperkuat tulang dan menghalau osteoporosis. Banyak postur yoga yang mengharuskan Anda mengangkat beban tubuh sendiri. Pose downward atau upward facing dog membantu menguatkan tulang lengan yang rentan kena osteoporosis. Yoga juga baik meningkatkan kepadatan tulang belakang.

15. Melancarkan peredaran darah
Yoga melatih Anda rileks. Latihan rileksasi itu membantu sirkulasi darah, khususnya di tangan dan kaki. Yoga juga membantu oksigen untuk masuk ke dalam sel. Pose twist baik untuk membawa darah ke organ-organ dalam dan mengalirkan ke luar setelah pose itu selesai. Pose headstand, handstand, dan shoulderstand membantu membawa darah dari kaki dan panggul ke jantung dan dari situ dipompa ke paru-paru, sehingga mendapat oksigen segar. Yoga juga meningkatkan kadar hemoglobin dan sel darah merah yang membawa oksigen ke jaringan.

16. Membersihkan limfa
Ketika berkontraksi dan meregangkan otot, menggerakkan organ-organ, Anda meningkatkan pembersihan limfa, cairan yang kaya akan sel kekebalan tubuh. Ini akan membantu sistem limfatik memerangi infeksi, merusak sel-sel kanker, membuang racun-racun dari produksi fungsi selular.

17. Melindungi jantung
Olahraga aerobik bagus untuk melindungi jantung. Meskipun bukan termasuk aerobik, jika melakukan yoga, Anda meningkatkan detak jantung sampai ke tingkat aerobik. Walaupun yoga tidak meningkatkan detak jantung yang dapat memperbaiki fungsi kardiovaskular, penelitian menemukan bahwa latihan yoga menurunkan tingkat jantung istirahat, meningkatkan stamina, dan memperbaiki asupan oksigen maksimum ketika olahraga. Ini nilainya sama dengan olahraga aerobik.

18. Menurunkan tekanan darah
Ada baiknya Anda mencoba yoga jika menderita hipertensi. Dua penelitian hipertensi dari jurnal medis Inggris The Lancet, membandingkan efek pose savasana dengan hanya berbaring di sofa. Setelah tiga bulan savasana disebut menurunkan tekanan darah sistolik sebanyak 26 poin dan 15 poin pada tekanan diastolik.

19. Menjaga memori
Yoga menurunkan kadar hormon kortisol. Normalnya kelenjar adrenalin mengeluarkan kortisol sebagai respon pada keadaan krisis akut yang kemudian secara temporer mendorong fungsi kekebalan. Jika kadar kortisol tetap tinggi setelah krisis berlalu, itu dapat menggerogoti kekebalan tubuh. Peningkatan kortisol temporer memang membantu memori jangka panjang. Namun, jika terus-menerus, kortisol tinggi mengganggu memori dan menyebabkan perubahan permanen pada otak. Kelebihan kortisol itu terkait dengan depresi, osteoporosis, tekanan darah tinggi, dan resistensi insulin.

20. Mendatangkan kebahagiaan
Penelitian membuktikan bahwa latihan yoga konsisten memperbaiki depresi, meningkatkan kadar serotonin, dan menurunkan kortisol. Richard Davidson dari University of Wisconsin, AS, menemukan bahwa kortek prefrontal kiri terlihat meninggi pada orang yang bermeditasi. Penemuan itu mengorelasikan kadar kebahagiaan yang lebih tinggi dan fungsi kekebalan tubuh yang lebih baik. Kadar lebih tinggi ditemukan pada pencinta yoga yang sudah bertahun-tahun berlatih.

21. Menurunkan berat badan
Jangan malas bergerak dan jangan rakus. Begitulah sebenarnya prinsip menjaga berat badan sehat. Yoga dapat membantu kita melakukan kedua prinsip itu. Latihan yoga membantu Anda bergerak dan membakar kalori. Sisi spiritual dan emosi yoga mendorong Anda untuk melihat masalah makan dan berat badan lebih dalam. Mungkin yoga akan memberi inspirasi Anda untuk menjadi orang yang lebih sadar saat makan.

22. Menurunkan gula darah dan kolesterol jahat
Yoga menurunkan gula darah dan kolesterol jahat, sekaligus menaikkan kolesterol baik. Pada diabetesi, yoga membantu mengontrol gula darah dengan menurunkan kortisol dan kadar hormon adrenalin, menurunkan berat badan, dan memperbaiki sensitivitas pada insulin.

23. Meningkatkan kecerdasan
Satu komponen penting yoga adalah fokus pada keadaan sekarang. Penelitian menemukan bahwa latihan yoga teratur memperbaiki koordinasi, reaksi, memori, dan bahkan nilai IQ. Orang yang berlatih meditasi transendental mampu memecahkan masalah, mengolah informasi lebih baik karena mampu berkonsentrasi, dan tak mudah terganggu masalah lain

15 komentar:

  1. informasi yg bermanfaat kawan...
    mudah²an kita selalu dalam keadaan sehat wal'afiat amin..


    salam, ^_^

    BalasHapus
  2. aku belum pernah yoga euy..kayaknya asik juga neh

    BalasHapus
  3. Wah banyak bangets ya..
    Mantab uy infonya..

    BalasHapus
  4. wah, byk ya manfaat yoga...thx sharenya ya...

    BalasHapus
  5. kunjungan sore sob untuk sekedar menyapa..
    informasi yg penting dan sangat menarik, trimakasih sharenya..


    salam, ^_^

    BalasHapus
  6. manfaat nya besar juga yah buat kesehatann..car2 yoga nya juga dunk sobb//..kalo blajr disini kan bisa gratiss

    BalasHapus
  7. buat kesehatan maunya yg gratisan aja tuhh

    BalasHapus
  8. terimakasih ... keren infonya, jadi tahu tentang manfaat Yoga.

    BalasHapus
  9. yoga..? saya belum pernah ikt sama sekali :)

    BalasHapus
  10. wow, komplit plit...
    mksh sobat atas share nya...
    slm knl

    BalasHapus
  11. just:
    "numpang lewaaaaaat...!"
    hehe...
    :)

    BalasHapus
  12. wow manfaatnya banyak banget :D saya jadi inget klo ga pernah olah raga hehehehe...

    BalasHapus
  13. Sharingnya sgt membantu, thanks
    Maaf bru sempat berkunjung :)

    BalasHapus